Tuesday, January 1, 2013


Assalamu'alaikum wr. wb.
Sepertinya sudah sering ketika kita hendak menginstal suatu aplikasi sering munculnya perintah untuk menginsal Net Framework terlebih dahulu. Hal ini terjadi ketika saya hendak menginstal suatu aplikasi dan tiba-tiba muncul perintah tsb. Tentu saja karena sudah tau apa yang harus dilakukan saya membuka file .Net Framework yang sudah saya miliki di brangkas software laptop saya. Bagi yang belum tau .Net Framework itu apa, silahkan klik disini.

Lalu masalah pun muncul, file tsb tidak support di windows 8. Padahal di OS windows xp, vista, dan 7 sekalipun masih bisa di instal dan berhasil. Lalu setelah saya Googling, saya berhasil menumakan solusinya. Tentu saja ada 2 cara untuk menginstal .Net Framework. Pertama secara online dan yang kedua secara offline. Untuk yang memiliki koneksi internet yang stabil mungkin akan lebih mudah menggunakan cara yang pertama, lalu bagaimana dengan yang sebaliknya.


Berikut tahapan yang harus dilakukan :
  1. Siapkan Installer Windows 8 yang anda gunakan, harus sama dengan Windows 8 yang anda instal, Installer dapat berupa DVD Windows 8, maupun bentuk installer lainnya seperti USB Intaller.
  2. Buka direktori didalam Intaller Windows 8, kemudian cari Folder bernama “source” kemudian buka folder tersebut dan cari folder “sxs” kemudian copy kan ke drive C:\
  3. Buka Command Prompt, kemudian klik kanan “Run As Administrator” (Wajib Run As Administrator). Bisa juga dengan cara C:\Windows\System32\cmd.exe kemudian klik kanan “Run As Administrator”.
  4. Ketik perintah pada Command Prompt seperti dalam kurung ini ( dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:C:\sxs /LimitAccess ).
  5. Tunggu hingga proses mencapai 100% dan tertulis Succesfully.

Oke kini kita dapat menginstal aplikasi dengan lancar tanpa perlu repot harus menginstal .Net Framework 3.5 SP1 secara Online. Sekarang cara tersebut dapat kita lakukan secara Offline. Perlu diingat, hal ini dapat pula diterapkan pada Windows 8 Developer Preview, Windows 8 Consumer Preview maupun Windows 8 Release Preview.

Tagged:

0 comments:

Post a Comment